Pola bermain awal pada masa anak-anak
Pola bermain awal pada masa anak-anak
a. Bermain dengan mainan
Bermain dengan mainan merupakan bentuk yang dominan pada awal masa kanak-kanak. Minat bermain dengan mainan mulai agak berkurang pada akhir awal masa kanak-kanak pada saat anak tidak lagi dapat membayangkan bahwa mainannya mempunyai sifat-sifat hidup seperti yang dikhayalkan sebelumnya.
Bermain dengan mainan merupakan bentuk yang dominan pada awal masa kanak-kanak. Minat bermain dengan mainan mulai agak berkurang pada akhir awal masa kanak-kanak pada saat anak tidak lagi dapat membayangkan bahwa mainannya mempunyai sifat-sifat hidup seperti yang dikhayalkan sebelumnya.
b. Dramatisasi
Sekitar umur tiga (3) tahun, dramatisasi terdiri dari permainan dengan meniru pengalaman-pengalaman hidup, kemudian anak-anak bermain permainan pura-pura dengan teman-temannya seperti polisi dan perampok, penjaga toko dan pembeli dll, berdasarkan cerita yang dibacakan kepada mereka atau berdasarkan acara-acara film dan televisi yang mereka lihat
Sekitar umur tiga (3) tahun, dramatisasi terdiri dari permainan dengan meniru pengalaman-pengalaman hidup, kemudian anak-anak bermain permainan pura-pura dengan teman-temannya seperti polisi dan perampok, penjaga toko dan pembeli dll, berdasarkan cerita yang dibacakan kepada mereka atau berdasarkan acara-acara film dan televisi yang mereka lihat
c. Konstruksi
Anak-anak membuat bentuk-bentuk dengan balok-balok , pasir, lumpur, tanah liat, manik-manik, cat, pasta, gunting, dan krayon. Sebagian besar konstruksi yang dibuat merupakan tiruan dari apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari atau dari layar bioskop dan televisi. Menjelang berakhirnya awal masa kanak-kanak, anak-anak sering menambahkan kreatifitasnya kedalam konstruksi-konstruksi yang dibuat berdasarkan pengamatannya dalam kehidupan sehari-hari.
Anak-anak membuat bentuk-bentuk dengan balok-balok , pasir, lumpur, tanah liat, manik-manik, cat, pasta, gunting, dan krayon. Sebagian besar konstruksi yang dibuat merupakan tiruan dari apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari atau dari layar bioskop dan televisi. Menjelang berakhirnya awal masa kanak-kanak, anak-anak sering menambahkan kreatifitasnya kedalam konstruksi-konstruksi yang dibuat berdasarkan pengamatannya dalam kehidupan sehari-hari.
d. Permainan
Dalam tahun keempat, anak mulai menyukai permainan yang dimainkan bersama dengan teman-teman sebaya daripada dengan orang-orang dewasa. Permainan ini dapat terdiri dari beberapa peraturan. Permainan yang menuji ketrampilan seperti melempar dan menangkap bola juga populer.
Dalam tahun keempat, anak mulai menyukai permainan yang dimainkan bersama dengan teman-teman sebaya daripada dengan orang-orang dewasa. Permainan ini dapat terdiri dari beberapa peraturan. Permainan yang menuji ketrampilan seperti melempar dan menangkap bola juga populer.
e. Membaca
Anak-anak sering dibacakan dan melihat cerita bergambar dari buku. Yang sangat menarik adalah dongeng-dongeng, nyanyian anak-anak, cerita-cerita tentang hewan dan kejadian sehari-hari.
Anak-anak sering dibacakan dan melihat cerita bergambar dari buku. Yang sangat menarik adalah dongeng-dongeng, nyanyian anak-anak, cerita-cerita tentang hewan dan kejadian sehari-hari.
f. Film, Radio dan
Televisi
Anak-anak jarang melihat bioskop, tetapi senang film kartun,film tentang binatang dan film rumah tentang anggota-anggota keluarga. Mereka juga senang mendengarkan radio walaupun lebih senang melihat televisi.
Anak-anak jarang melihat bioskop, tetapi senang film kartun,film tentang binatang dan film rumah tentang anggota-anggota keluarga. Mereka juga senang mendengarkan radio walaupun lebih senang melihat televisi.
Komentar
Posting Komentar