ASPEK ASPEK PEMBELAJARAN BAHASA
Dalam kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Masdrasah Ibtidaiyah, dinyatakan
bahwa rung lingkup standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SD dan MI
terdiri atas empat aspek sebagai berikut:
1)
Mendengarkan, seperti mendengarkan berita, petunjuk, pengumuman,
perintah, bunyi atau suara, bunyi bahasa, lagu, kaset, pesan, penjelasan,
laporan, ceramah, kotbah, pidato, pembicaraan dengan narasumber, dialog atau
percakapan, pengumuman, serta perintah yang didengar dengan memberikan respon
secara tepat serta mengapresiasi dan berekspresi sastra melalui kegiatan
mendengarkan hasil sastra berupa dongeng, cerita anak-anak, cerita rakyat,
cerita binatang, puisi anak, syair lagu, pantun dan menonton drama anak.
2)
Berbicara, seperti mengungkapkan gagasan dan perasaan,
menyampaikan sambutan, dialog, pesan, pengalaman, suatu proses,menceritakan
diri sendiri, teman, keluarga, masyarakat, benda, tanaman, binatang, gambar
tunggal, gambar seri, kegiatan sehari-hari, peristiwa, tokoh,
kesukaan/ketidaksukaan, kegemaran, peraturan, tata tertib, petunjuk dan
laporan, serta mengapresiasi dan berespresi sastra melalui kegiatan melisankan
hasil sastra berupa dongeng, cerita anak-anak, cerita rakyat, cerita binatang,
puisi anak, syair lagu, pantun, dan drama anak.
3)
Membaca, seperti membaca huruf, suku kata, kata, kalimat,
paragraf, berbagai teks bacaan, denah, petunjuk, tata tertib, pengumuman, kamus
ensiklopedia, serta mengapresiasi dan berekspresi sastra melalui krgiatan
membaca hasil sastra berupa dongeng, certa anak-anak, cerita rakyat, cerita
binatang, syair lagu, puisi anak, pantun, dan drama anak. Kompetensi membaca
juga diarahkan untuk menumbuhkan budaya membaca.
4)
Menulis, seperti menulis karangan naratif dan normatif dengan
tulisan rapi dan jelas dengan memperhatikan tujuan dan ragam pembaca, pemakaian
ejaan dan tanda baca, dan kosakata yang tepat dengan menggunakan kalimat
tunggal dan kalimat majemuk serta mengapresiasi dan berekspresi sastra melalui
kegiatan menulis hasil sastra berupa cerita dan puisi. komponen menulis juga
diarahkan untuk menumbuhkan kebiasaan menulis.
Pada dasarnya fungsi bahasa yang utama adalah sebagai
alat untuk berkomunikasi. Untuk itu pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan agar
siswa terampil dalam berkomunikas.
Komentar
Posting Komentar